Selamat Datang Di Media Informasi Dinas Sosial Budaya & Pariwisata Kabupaten Teluk Bintuni
HOME
SEKRETARIAT
SUB BAGIAN UMUM
SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN
SUB BIDANG PERENCANAAN DAN KEUANGAN
BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL
BIDANG PERLINDUNGAN DAN JAMINAN SOSIAL
BIDANG PRASARANA DAN SARANA SOSIAL
BIDANG BUDAYA
BIDANG PARIWISATA

 

 

 

 

 


RENSTRA
RENCANA KERJA (RENJA)
LAKIP & LAPORAN TAHUNAN
LAPORAN KEUANGAN & ASET
TULIS BERITA

 




 



 

Kunjungan Kerja


Kunjungan Kerja


Kunjungan Kerja


Kunjungan Kerja


 

 

 
   
 

Visi Dan Misi Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata

Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pembangunan di bidang sosial, budaya dan pariwisata, sudah seharusnya mengacu pada pedornan- pedornan yang t.elah ditetapkan dalarn tujuan umum diatas. Dan untuk itu disusun Visi dan Misi Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata Kabupaten Teluk Bintuni sebagai gambaran untuk rnewujudkan penyelenggaraan pernbangunan bidang sosial, budaya dan pariwisata dalarn rangka menuju kesejahteraan sosial seutuhnya masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni.

Visi yang telah disusun bersama seluruh staf dan karyawan Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata adalah merupakan gambaran atau citra pernbangunan bidang sosial budaya dan pariwisata di Kabupaten di masa yang akan datang.Tujuan utarna secara urnum yang ingin dicapai adalah suatu kondisi dimana masyarakat dapat hidup tanpa kesenjangan, baik kesenjangan secara sosial maupun kesenjangan rentang kendali antar wilayah.

Visi Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata telah dirumuskan sebagai berikut ;

"Mewujudkan Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata yang mampu meningkatkan kwalitas hidup masyarakat, mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai budaya lokal certa potensi lokal dengan didukung oleh SDM yang handal dalarn rangka medukung Bintuni Raru yang tangguh,dan berdaya saing".

Makna dari Visi tersebut adalah merupakan perwujudan sikap atau kehendak bersama untuk mencapai tujuan utama pembangunan di bidang sosial budaya dan pariwisata yang diinginkan dalam kurung waktu 5 (lima) tahun.Tujuan utarna yang hendak dicapai tersebut, akan dilaksanakan dengan melalui peningkatan dan optimalisasi kapasitas surnberdaya  rnanusia yang bermanfaat balk dalam kelompok-kelompok masyarakat maupun sebagai individu.

Tujuan yang lain pada Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata yang meliputi bidang kesejahteraan sosial, bidang perlindungan dan jaminan sosial bidang sarana dan prasarana sosial, bidang budaya dan bidang pariwisata, adalah agar tercapainya sumberdaya manusia di Kabupaten Teluk Bintuni yang sejahtera,sehat jasmani dan rohani sehingga dapat tumbuh dan berkembang menjadi tangguh dan mempunyai daya saing.

Sebagai upaya untuk mewujudkan Visi yang akan dicapai, maka telah ditetapkan Misi

  1. dari Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata yaitu :
  2. Meningkatkan kapasitas dan kualitas sumberdaya manusia;
  3. Meningkatkan sarana dan prasarana serta penunjang Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata;
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana social;
  5. Meningkatkan kualitas dan kapasitas kelernbagaan sosial;
  6. Meningkatkan jaminan dan perlindungan sosial;
  7. Mengembangkan potensi budaya lokal;
  8. Mengembangkan potensi dan promosi wisata daerah;

Makna dari Misi tersebut adalah suatu pernyataan yang menetapkan suatu tujuan utama dan sasaran yang hendak dicapai dalam upaya mewujudkan kapasitas dan kualitas dalam rangka pemerataan, pelayanan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di bidang sosial budaya dan pariwisata di Kabupaten Teluk Bintuni.

Sumberdaya manusia yang sehat, mandiri, professional dan tangguh, merupakan suatu hal yang sangat mendasar untuk disediakan dan ditingkatkan agar lehih profesional dan dapat mendukung operasional lembaga dalam memberikan pelayanan yang optimal di bidang social budaya dan pariwisata. Dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas program bidang sosial budaya dan pariwisata merupakan salah satu tugas penting dari Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata. Penyediaan sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan tugas kantor, menjadi hal yang harus dipenuhi dalam rangka menunjang tugas-tugas utama bidang kesejahteraan sosial, budaya dan pariwisata. Meningkatkan ketersediaan prasarana dan sarana sosial n renjadi misi penting dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan keberpihakan kepada masyarakat asli papua. Meningkatkan dan penguatan kelembagaan sosial diseluruh wilayah Kabupaten Teluk Bintuni akan menjadi fokus perhatian dalam upaya mengadopsi kebutuhan-kebutuhan masyarakat setempat. Dengan meningkatkan ketersediaan santunan dan jaminan sosial bagi penyandang cacat fisik dan mental, lanjut usia tidak potensial terlantar yang berasal Bari masyarakat rentan dan tidak mampu serta anak terlantar. Mengernbangkan potensi budaya lokal berdasarkan kearifan lokal dan adat-istiadat budaya setempat diharapkan akan dapat melestarikan budaya setempat serta memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat lokal dalam rangka mempertahankan ciri khas keluhuran daerah.

 

Keterkaitan Visi dan Misi Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata dengan Visi dan Misi Daerah

Visi Kabupaten Teluk Bintuni sebagaimana yang tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah adalah "Terwujudnya Kabupaten Teluk Bintuni yang damai, maju, sejahtera, demokratis dan tangguh serta berdaya saing diatas tandasan cinta kasih, kejujuran, keadilan dan kerja keras".

Visi tersebut mengandung makna :

  1. Keberhasilan pembangunan diarahkan pada sasaran kinerja untuk senantiasa meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni dengan memaksimalkan potensi somber daya alam dan sumber daya manusia dengan bijaksana secara adil dan merata;
  2. Pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Teluk Bintuni, dengan memanfaatkan segala potensi dan kemampuan yang ada bukan semata-mata untuk kepentingan sesaat dan generasi sekarang, akan tetapi juga memperhatikan kaidah--kaidah pembangunan berkelanjutan dan berkesinambungan. Dalam hal ini pembangunan dilaksanakan dengan berpedoman pada daya dukung dan daya tampung lingkungan, serta nilai-nilai kearifan lokal yang telah ada dan berkembang di masyarakat berlandaskan cinta kasih sesama;
  3. Keterbatasan yang nyata terhadap potensi sumber daya manusia yang dirniliki perlu dicermati sebagai tantangan kedepan untuk lebih diperhatikan dan diberdayakan sehingga tercipta sumber daya manusia yang tangguh, jujur dan mempunyai daya saing;
  4. Meminimafkan kesenjangan-kesenjangan sosial kemasyarakatan yang masih terjadi di Kabupaten Teluk Bintuni yang dikuatirkan dapat memicu lambannya proses pembangunan dengan pemenuhan hak dasar hidup yang sesuai dengan karakteristik lokal secara demokratis, sehingga dicapai masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni yang Iebih sejahtera;
  5. Dalam kaitannya dengan perkembangan pembangunan di Kabupaten Teluk Bintuni, pemenuhan kebutuhan fasilitas, infrastruktur daerah,pembukaan isolasi daerah serta dukungan regulasi clan anggaran akan mempercepat terwujudnya Kabupaten Teluk Bintuni yang lebih maju clan damai;

Sebagai upaya untuk mencapai Visi tersebut, telah ditetapkan Misi Kabupaten Teluk Bintuni adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang bertaqwa, berkualitas dan berdaya saing.
  2. Mewujudkan infrastruktur pemerintah dan infrasturtur pelayanan publik yang kokoh, adaptif yang berorientasi pada kepuasan pelayanan masyarakat (commun.'tysatisfaction).
  3. Mewujudkan pemerintahan yang balk dan bersih (good and clean governance),demokratis,aman clan penegakan supremasi hukum.
  4. Mewujudkan perekonomian daerah yang berbasis pada potensi somber daya alam dan ekonomi kerakyatan yang tangguh,unggul clan berdaya saing bagi terciptanya iklim usaha dan investasi yang mendorong tumbuhnya kesempatan kerja dan berkembangnya perekonomian daerah.
  5. Mewujudkan pengelolaan sumber daya alam (natural resources) dan lingkungan hidup secara bijaksana dan bertanggung jawab yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pemerintah daerah.
  6. Berdasarkan hal-hal diatas, maka jika dihubungkan dengan Visi,MisiTujuan dan Strategi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah,ak-an terlihat bahwa Visi Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata Kabupaten Teluk Bintuni, yaitu "Mewujudkan Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai budaya lokal serta potensi lokal dengan didukung oleh SDM yang hands/ dalam rangka mendukung Bintuni Baru yang tangguh,mandiri dan berdaya saing".

 

Akan mendukung dari Visi Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni,yaitu khususnya pada makna vlsi:

  1. Keberhasilan pembangunan diarahkan pada sasaran kinerja untuk senantiasa meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni dengan memaksimalkan potensi sumber daya alarn dan cumber daya manusia dengan bijaksana secara adil dan merata.
  2. Pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Teluk Bintuni,dengan memanfaatkansegala potensi dan kemampuan yang ada bukan semata-mata untuk kepentingansesaat dan generasi sekarang, akan tetapi juga memperhatikan kaidah-kaidah pembangunan berkelanjutan dan berkesinambungan. Dalam hal ini pembangunan dilaksanakan dengan berpedoman pada daya dukung dan daya tampung lingkungan, serta nilai-nilai kearifan lokal yang telah ada berkembang di masyarakat berlandasan cinta kasih sesama.
  3. Keterbatasan yang nyata terhadap potensi sumber daya manusia yang dimiliki perlu dicermati sebagai tantangan kedepan untuk lebih di perhatikan dan diberdayakan sehingga tercipta sumberdaya manusia yang tangguh,jujur dan mempunyai daya saing.
  4. Meminimalkan kesenjangan-kesenjangan sosial kemasyarakatan yang masih terjadi di Kabupaten Teluk Bintuni yang dikuatirkan dapat memicu lambannya proses pembangunan dengan pemenuhan hak dasar hidup sesuai dengan karakteristik lokal secara demokratis, sehingga dicapai masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni yang lebih sejahtera.
  5. Sedangkan Misi Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata akan mendukung dari Misi Kabupaten yaitu pada: (1) mewujudkan sumber daya manusia yang bertaqwa,berkualitas dan berdaya saing (2) Mewujudkan perekonomian daerah yang berbasis pada potensi sumber daya alam dan ekonomi kerakyatan yang tangguh, unggul dan berdaya saing bagi terciptanya iklim usaha dan investasi yang mendorong tumbuhnya kesempatan kerja dan berkembangnya perekonornian daerah (3) Mewujudkan pengelolaan sumber daya alam (natural resource) danlingkungan hidup secara bijaksana dan bertanggung jawab yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

 

 
   

   
  Pembangunan SDM Teluk Bintuni Harus Terus Dilakukan
Oleh : Muris, Tabura Pos
24 Juli 2014, 13.20 WIT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

  KEGIATAN & PENGUMUMAN
 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

Copyright © 2011 Dinas Sosial & Pariwisata Kabupaten Teluk Bintuni