Selamat Datang Di Media Informasi Dinas Sosial Budaya & Pariwisata Kabupaten Teluk Bintuni
HOME
SEKRETARIAT
SUB BAGIAN UMUM
SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN
SUB BIDANG PERENCANAAN DAN KEUANGAN
BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL
BIDANG PERLINDUNGAN DAN JAMINAN SOSIAL
BIDANG PRASARANA DAN SARANA SOSIAL
BIDANG BUDAYA
BIDANG PARIWISATA

 

 

 

 

 


RENSTRA
RENCANA KERJA (RENJA)
LAKIP & LAPORAN TAHUNAN
LAPORAN KEUANGAN & ASET
TULIS BERITA

 




 



 

Kunjungan Kerja


Kunjungan Kerja


Kunjungan Kerja


Kunjungan Kerja


 

 

 
   
 

PROGRAM DAN KEGIATAN

Berdasarkan strategi dan kebijakan dan memperhatikan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Tata cara pengelolaan keuangan daerah maupun dukumen RPJMD Kabupaten Teluk Bintuni, maka program dan kegiatan Dinas Sosial Budaya dan Pariwisata yang akan dilaksanakan selama 5 (lima) tahun kedepan adalah sebagai berkut:

A.    Program dan Kegiatan Kewenangan Bidang Sosial Budaya dan Pariwisata

1.      Program Pelayanan Administrasi Perkantoran, dengan indikasi kegiatan antara lain:

  • Penyediaan jasa surat menyurat
  • Penyediaan jasa komunikasi,sumber daya air dan listrik
  • Penyediaan jasa adminitrasi umurn dan keuangan
  • Penyediaan jasa jaminan barang milik negara
  • Penyediaan jasa kebersihan kantor
  • Penyediaan alat tulis kantor
  • Penyediaan barang cetakkan dan penggadaan
  • Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor
  • Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor
  • Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan
  • Penyediaan makanan dan minuman
  • Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi keluar daerah

2.      Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur, dengan indikasi kegiatan antara lain :

  • Pembangunan rumah jabatan
  • Pembangunan rumah dinas
  • Pembangunan gedung kantor
  • Pembangunan perlengkapan kantor
  • Penggadaan kendaraan kantor
  • Penggadaan peralatan kantor
  • Penggadaan meibel
  • Pemeliharaan berkala rumah dinas
  • Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor
  • Pemeliharaan rutin/ berkala mobil jabatan
  • Pemeliharaan rutin/ berkala kendaraan kepala dinas/operasional
  • Pemeliharaan rutin/ berkala perlengkapan gedung kantor
  • Pemeliharaan rutin/ berkala peralatan gedung kantor
  • Pemeliharaan berkala mebelair

3.      Peningkatan Disiplin Aparatur, dengan indikasi kegiatan antara lain

  • Penggadaan pakaian dinas
  • Peggadaan pakaian lapangan
  • Pengadaan pakaian kopri
  • Pengadaan pakaian khusus hari-hari tertentu

4.      Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur, dengan indikasi kegiatan antara lain

  • Pendidikan dan pelatihan formal
  • Sosialisasi Peraturan Perundang-undang
  • Bintek Inplementasi peraturan perundang-undang
  • Diklat non formal

5.      Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan,dengan kegiatan
         antara lain ;

  • Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD
  • Penyusunan pelaporan keuangan akhir tahun

6.      Program Pembardayaan Fakir Miskin, Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan Penyandang Masalah
         Kesejahteraan Sosial (PMKS) Lainnya, dengan indikasi kegiatan antara lain :

  • Pelatihan ketrampilan usaha bagi keluarga miskin
  • Fasilitasi manajemen usaha bagi keluarga rniskin
  • Pengadaan sarana dan prasarana usaha bagi keluarga miskin
  • Pelatihan ketrampilan usaha bagi PMKS

7.      Program Pelayanan dan Rehabilitasi Kesejahteraan Sosial, dengan indikasi kegiatan antara lain :

  • Pelayanan dan Perlindungan Sosial
  • Peningkatan kualitas pelayanan, sarana clan prasarana rehabilitasi kesejahteraan sosial bagi PMKS
  • Sinkronisasi upaya-upaya penanggulangan kemiskinan clan penurunan kesejangan
  • Monitoring evaluasi clan pelaporan

8.      Program Pembinaan Anak Terlantar, dengan indikasi kegiatan antara lain:

  • Pembangunan sarana dan prasarana tempat penampungan anak terlantar
  • Pelatihan ketrampilan clan praktek kerja bagi anak terlantar
  • Peningkatan ketrampilan pembina anak terlantar
  • Penyusunan data anak terlantar

9.      Program Pembinaan Panti Asuhan/Panti Jompo,dengan indikasi kegiatan antara lain:

  • Pembangunan sarana clan prasarana panti asuhan/panti jornpo
  • Rehabilitasi panti asuhan/panti jompo
  • Pendidikan dan pelatihan bagi penghuni panti asuhan/panti jompo
  • Operasi dan pemiliharaan panti asuhan /panti jompo
  • Peningkatan ketrampilan tenaga pendidik panti asuhan/panti jompo

10.  Program Pembinaan Lembaga Kesejahteraan Sosial, dengan indikasi kegiatan antara lain:

  • Peningkatan kualitas SDM Lembaga Kesejahteraan Sosial masyarakat
  • Pengembangan model kelembagaan perlindungan sosial
  • Pembinaan nilai-nilai kepahlawanan

11.  Program Peningkatan Ketaqwaan dan Sarana Prasarana Ibadah, dengan indikasi kegiatan antara lain :

  • Pembangunan sarana prasarana peribadahan
  • Rehabilitasi sarana prasarana ibadah
  • Bantuan pembinaan keagamaan

12.  Program Bantuan Sosial Kemasyarakatan, dengan indikasi kegiatan antara lain :

  • Pembangunan rumah sosial
  • Rehabilitasi rumah sosial penduduk miskin
  • Pemberian bantuan seragam dan perlengkapan SD
  • Pemberian bantuan sarana prasarana olahraga
  • Pembinaan dan pelatihan bagi eks-penyandang rnasalah sosial

13.  Program Pencegahan Terhadap Wabah dan Keadaan Darurat, dengan indikasi kegiatan antara lain :

  • Pemetaan daerah rawan wabah
  • Pendidikan pelatihan bagi Pembina
  • Penyediaan sarana dan prasarana pencegahan terhadap wabah dan keadaan darurat

14.  Program Pengembangan Nilai Budaya, dengan indikasi kegiatan antara lain

  • Pelestarian dan aktualitasasi adat hudaya daerah
  • Pemberian dukungan, penghargaan dan kerjasama di bidang budaya

15.  Program Pengedalian Kekayaan Budaya, dengan indikasi kegiatan antara lain:

  • Pengembangan nilai dan geografis sejarah
  • Pengelolaan karya cetak dan karya rekam budaya
  • Pengembangan database informasi budaya

16.  Program Pembangunan Sarana Prasarana Budaya dan Adat, dengan indikasi kegiatan antara lain :

  • Pembangunan rumah adat
  • Pengadaan sarana prasarana adat dan budaya
  • Rehabilitasi rumah adat

17.  Program Penguatan Kelembagaan Adat dan Peran Serta Posisi Adat, dengan indikasi kegiatan
      antara lain :

  • Pembinaan tokoh adat dan budaya
  • Pelatihan ketrampilan kerajinan budaya ad?t setempat
  • Musyawarah adat

18.  Program Pengembangan Sarana dan Prasarana Pariwisata, dengan indikasi kegiatan antara lain :

  • Pembangunan obyek wisata unggulan (air terjun dan wisata sungai)
  • Penyediaan sarana dan prasarana wisata air terjun dan sungai
  • Pembinaan masyarakat sekitar wisata

19.  Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata, dengan indikasi kegiatan antara lain:

  • Pelatihan dan pendidikan pemasaran pariwisata
  • Sosialisasi lokasi wisata
  • Promosi wisata
  • Konsultasi pengembangan wisata dengan pernerintah provinsi

20.  Program Pengembangan Kemitraan Pariwisata, dengan indikasi kegiatan antara lain:

  • Kerjasama pengembangan pariwisata dengan daerah lain
  • Pelaksanaan koordinasi kemitraan pariwisata

21.  Program Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata, dengan indikasi antara lain :

  • Penyusunan rencana induk pariwisata
  • Pengembangan SDM bidang pariwisata
  • Pengembangan dan penguatan database informasi pariwisata.

 

 
   

   
  Pembangunan SDM Teluk Bintuni Harus Terus Dilakukan
Oleh : Muris, Tabura Pos
24 Juli 2014, 13.20 WIT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

  KEGIATAN & PENGUMUMAN
 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

Copyright © 2011 Dinas Sosial & Pariwisata Kabupaten Teluk Bintuni